BTCClicks.com Banner

COMPUTTA

Jumat, 29 Desember 2017

DALAM BISNIS ONLINE JANGAN TERGANTUNG PADA ORANG LAIN

REFERRAL SYSTEM


Dalam bisnis online kadang banyak sekali atau malah sebagian besar adalah menggunakan sistem referral (downline/pengikut/follower), dan ini yang menjadi andalan bagi mayoritas pebisnis online. Sekiranya ada pihak lain yang benar-benar ingin membantu anda itu merupakan suatu bonus bagi anda, artinya memang ada orang yang  mau bekerja sama dengan anda secara aktif. Pengertian referral kadang membuat kita seolah tergantung dari mereka padahal sebenarnya semua bisnis adalah tergantung dari kerja, rencana, strategi dan komitmen diri sendiri.Mau banyak atau sedikit referral anda tapi kalau anda malah tidak aktif - menurut saya percuma saja - yang paling bagus adalah banyak referral dan anda juga memperlakukan bisnis layaknya bisnis, bukan asal-asalan. Dicariny referral adalah referal yang aktif, yang kurang lebih sama dengan anda, barulah bisnis online dengan referral system akan berjalan dengan baik. Lalu siapa yang untung? Bisnis adalah kerja, dan siapa yang kerja lebih banyak, lebih serius, investasi waktu dan dana lebih banyak pastilah dia yang kemungkinan menghasilkan dan untung lebih banyak, faktor referal adalah seperti mitra anda untuk mendukung JARINGAN TUBUH bisnis online anda, tanpa referral anda akan LEMAH atau dengan referral tapi pasif, pastilah bisnis tidak akan berkembang. Tetapi sebaliknya bila referral ternyata satu visi dengan anda maka bisa dipastikan akan ada kemajuan dan keuntungan yang akan didapat, bukan hanya anda yang memperolehnya tetapi referal anda pun pasti akan sama, karena dia referral aktif.



JANGAN TERGANTUNG DENGAN ORANG LAIN 

Kalau demikian tidak tergantung dengan referal ? Betul, saat anda bekerja, saat anda punya komitmen, dan saat anda melakukan kerja dari rencana anda, sepenuhnya bukan tergantung dari orang lain, termasuk referal. Tetapi kenapa memerlukan referal ? Karena referal diperlukan untuk memperluas jaringan, memperkokoh tubuh bisnis online anda, dan jangan lupa kadang juga membuat income anda lebih banyak atas bantuan referal anda. Kalau begitu berarti memerlukan bantuan orang lain bukan ? Dalam membentuk JARINGAN tentu saja kita tidak bisa sendiri, memerlukan akan berbeda sekali dengan TERGANTUNG, kalau anda memerlukan bantuan orang lain berarti masih ada hal lain  yang bisa anda kerjakan semampu anda, nah sisanya "perlu" bantuan orang lain. Akan berbeda kalau anda tergantung orang lain, anda tidak bisa kerja "tanpa" orang lain tersebut. Ibarat sebuah akun dengan pasword, anda bukan pemegang pasword-nya, tentu saja anda tergantung dengan pemegang pasword tersebut. Tanpa bantuan pemegang pasword tersebut anda tidak bisa login. Maksud jangan tergantung kepada orang lain adalah tidak komitmennya anda dengan kemampuan, tekad dan keseriusan anda kepada pekerjaan bisnis (online), mau mengambil keputusan anda mesti menunggu orang lain dulu, mau komitmen mesti melihat orang lain dulu, mau bertekad bekerja terbaik mesti melihat contoh orang lain terlebih dahulu. Kalau "ketergantungan" ini terjadi bisa dipastikan anda tidak akan pernah sukses menjadi diri sendiri, tetapi sukses menjadi pengikut/referal/downline tidak akan pernah mencapai LEADER.



BISNIS ONLINE APA YANG SEDANG MARAK SAAT INI


Dari imbas turunnya harga paketan internet (karena ISP sudah banyak) dan semakin luasnya jaringan internet serta tren atau gaya hidup yang semakin bergaya IT (online). Maka bisnis yang dulu sangat jarang sekarang sudah merambah kampung-kampung khususnya di pulau Jawa, dan kota-kota (besar) di seluruh Indonesia. Ditambah lagi semakin murahnya GADGET (smartphone, tablet) yang didalamnya terdapat software (android) yang memungkinkan untuk menginstall aplikasi yang berhubungan dengan bisnis online. Anda pasti mengenal Bukalapak, Traveloka, OLX, Blibli, Lazada, Kaskus, Go-Jek, Grab dan lain sebagainya. Itu yang sudah menjadi perusahaan besar dan bertaraf nasional, sebenarnya yang lebih banyak lagi adalah orang yang mulai menjadi pengusaha online dengan modal yang saya sebut tadi (modal yang minimalis bisa saya sebut demikian) : gadget dan paketan internet. Anda sudah bisa memulai bisnis online, dengan LAPAK di dunia maya. Ada lagi bisnis online yang tidak berhubungan dengan barang ataupun jasa, yaitu bisnis Forex (trading -jual beli mata uang), dan bahkan bisnis online mata uang digital. Dari semua yang paling menonjol adalah bisnis mata uang digital Bitcoin. Mengenai bitcoin ini malah tren sekarang bisa ditambang layaknya emas, dengan menggunakan web browser ataupun dengan menggunakan RIG (alat menambang) bitcoin, dengan harga yang relatif mahal dari sekitar 15 jutaan (rakitan) dan 27 jutaan beli antminer yang sudah jadi. Ada pula bisnis dengan menggunakan website sebagai sarana promosi atau seperti papan reklame di dunia maya, dengan berbagai macam produk yang ditawarkan, atau bahkan hanya disewakan sebagai papan reklame saja dan si pemilik website bukan orang yang berjualan online di dalamnya. Ada yang disebut pula sebagai Paid to click (menge-klik iklan dengan durasi waktu tertentu dan dibayar), Page Per Review, Pay Per Click, Pay Per Review dan masih banyak lagi. Pilihan ternyata memang banyak, tetapi sekali lagi semua bisnis harus diperlakukan seperti layaknya bisnis, tidak boleh main-main, tidak boleh setengah-setengah dan harus dengan tekad yang kuat dan komitmen yang harus direncanakan dan dilaksanakan.
Terima kasih

2 komentar: