BTCClicks.com Banner

COMPUTTA

Rabu, 21 Agustus 2019

Cannot Install Printer. The Print Processor Does Not Exist dalam Operating System Windows 7 32 bit


PERMASALAHAN SAYA ADALAH TIDAK BISA MENGINSTALL DRIVER PRINTER.

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan permasalahan dengan printer deskjet-multi-fungsi  Printer, Scanner dan Fotocopy,  keluaran perusahaan ternama. Dalam hal ini driver scanner nya terlihat jelas dan bisa digunakan untuk men-scan gambar dan lainnya. Akan tetpi ketika saya membutuhkan untuk mencetak, drivernya tidak muncul di control panel dan tentu saja tidak bisa digunakan untuk mencetak. Beberapa kali saya install ulang driver printer multifungsi ini, tidak mengubah keadaan begitu proses instalasi sampai pada sesi menginstal DRIVER PRINTER akan selalu gagal. Dengan ditandai tanda silang merah (failed).  Maka saya melakukan cara lama dengan menginstall drivernya saja. Langkahnya adalah sebagai berikut : Masuk ke Control Panel kemudian pilih Hadware and Sound kemudian klik pada Devices and Printers. Setelah itu klik Add a printer pilih Local Printer kemudian Pilih Portnya adalah USB0001 (Virtual port for USB) klik NEXT kemudian sudah terdapat Printer yang dimaksudkan lalu pilih TYPE nya dan NEXT. Inilah masalah yang sesungguhnya, ternyata setelah saya klik NEXT dalam proses penginstalan langsung muncul kata-kata kurang lebih seperti ini : Cannot Install Printer. The Print Processor Does Not Exist. Dalam permasalahan yang saya alami adalah hanya muncul driver SCANNER nya saja, driver printernya tidak pernah muncul, karena menunjukkan file yang diperlukan tidak ada di System32/spool/prtprocs/w32x86. Yang berisi beberapa file di dalamnya, silahkan anda download file tersebut di sini.

 Gambar 1

Kalaulah normal maka akan terinstall printer kita dengan baik dan muncul di tampilan yang sedang kita buka ini (Add a printer) dengan perintah untuk mengetes halaman awal (Print Test Page) dan printer berjalan dengan normal. Akan tetapi karena ada file yang kurang maka yang muncul adalah pesan tersebut.

SOLUSINYA BAGAIMANA?

Lalu bagaimana caranya untuk menjadikan keadaan seperti tersebut di atas menjadi normal dan printer bisa mencetak file-file pekerjaan kita?  Pada intinya adalah membuat komputer/PC bisa menginstall file yang diperlukan agar printer kita berjalan dengan normal, file yang lebih spesifik sebenarnya ada di dalam folder w32x86 tersebut yakni file : winprint.dll. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1.      Matikan sementara Printer Spooler Service

Caranya adalah dengan klik Start kemudian ketiklah pada kota Run lalu tekan enter,  muncul kotak run tersebut di dalam kotak tuliskan : services.msc lalu tekan OK.

  

Gambar 2



Lalu muncul layar service seperti di bawah ini pilihlah : printer spooler lalu  lihat di sebelah STOP SERVICE nya, dengan cara Klik Kanan Pada Printer Spooler lalu klik STOP



 Gambar 3 

 Biarkanlah kondisi printer spooler sementara mati/berhenti service nya.
 
3. Download file w32x86 disini 
 Setelah anda download silahkan diekstrak, karena filenya dalam bentuk file zip.


4. Copy dan pastekan file tersebut ke folder prtprocs, yang bisa anda buka di uturan sebgai berikut Drive C lalu Windows lalu System32 lalu spool di folder spool inilah terdapat folder prtprocs tersebut. Yang nantinya akan dipaste ke dalam folder tersebut, file w32x86 yang sudah anda download di atas. Dalam kasus saya ternyata folder PRTPROCS nya tidak ada, maka saya membuat folder baru dengan cara di dalam folder spool klik kanan klik NEW FOLDER terus beri nama dengan huruf kecil semua : prtprocs lalu tekan enter. Nah setelah itu pastekanlah file w32x86 tadi (yang sudah anda ekstrak/bukan dalam bentuk zip file lagi).


Gambar 4

5. Setelah itu cek dengan meng klik folder prtprocs dan file w32x86 dan silahkan di cek isinya kurang lebih sebagai berikut yang penting ada winprint.dll nya, seperti gambar di bawah ini. Perhatikan yang saya beri tanda kotak merah, itu adalah urut-urutan membuka folder hingga kita mengetahui bahwa file yang diperlukan untuk menginstall driver printer sudah ada. 

Gambar 5

6. Kemudian dengan langkah pertama hidupkan kembali Service Printer Spooler nya. Caranyua sama dengan langkah pertama hanya saja sekarang STOP diganti dengan START.

7. Reboot komputer dan silahkan install driver printer anda, baik dengan menggunakan CD instalasai kalau driver printer anda sudah dihapus/uninstall atau  dengan lewat add a printer bila driver printer anda masih ada di sistem.

Demikianlah postingan yang bisa saya berikan kepada pembaca mudah-mudahan bisa menjadi salah satu solusi dan bila ada solusi lain yang lebih bagus dan lebih efektif saya akan berterima kasih bila anda memberi link, tips dan solusi lain di komentar di blog ini. 

Terima kasih

2 komentar:

  1. TESTIFIER: Nabilah Ashraff
    LOKASI: Semarang di Indonesia
    email: nabilahashraff@gmail.com
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp500.000.000
    BANK RAKYAT INDONESIA

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    ALAMAT: Amerika Serikat
    EMAIL PERUSAHAAN: rikaandersonloancompany@gmail.com
    KONTAK PERUSAHAAN / WHATSAPP: +19147057484

    Damai selalu bersamamu! Nama saya ny. Nabilah Ashraff dari Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak kreditor di sini penipu dan mereka di sini untuk menipu Anda dengan uang Anda.

    Saya meminjam sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta, jadi saya tidak mendapatkan pinjaman, Tuhan itu mulia, saya bertemu dengan seorang teman online yang bersaksi tentang bagaimana dia mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu. PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON, dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir ini adalah lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapatkan pinjaman di akun BRI saya dalam waktu kurang dari 4 jam hanya 2% tanpa jaminan.

    Saya sangat senang bahwa saya selamat dari kemiskinan. Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Anda. Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    BalasHapus
  2. untuk sdri Nabilah, terima kasih telah berkunjung ke Blog saya.

    BalasHapus